Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Padi Sawah di Kecamatan Biboki Moenleu Kabupaten Timor Tengah Utara Provinsi Nusa Tenggara Timur

  • Yosefina Marice Fallo Faculty of Agriculture, Timor University
  • I Made Narka Tenaya Faculty of Agriculture, Udayana University
  • I Dewa Gede Agung Faculty of Agriculture, Udayana University

Abstract

Usahatani padi sawah yang merupakan sumber utama pendapatan petani di Kecamatan Biboki Moenleu yang masih bersifat semi komersial, produksi padi sawah yang dihasilkan tidak semuanya dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan hidup rumah tangga tetapi sebagian untuk di konsumsi. Upaya peningkatan produksi padi sawah dipengaruhi oleh berbagai faktor di antaranya faktor produksi, lingkungan, serta faktor sosial ekonomi. Pada kenyataannya petani belum sepenuhnya memanfaatkan lahan secara baik, sehingga masih tersisa lahan tidur padahal air bukanlah menjadi kendala. Dalam setahun petani dapat melakukan dua kali penanaman. Penelitian dilakukan di Kecamatan Biboki Moenleu, Desa Oepuah, Oepuah Utara, dan Oepuah Selatan. Obyek penelitian adalah petani padi sawah sebanyak 200 responden. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh secara simultan antara faktor-faktor produksi terhadap produksi padi sawah, untuk mengetahui dan menggambarkan pengaruh secara parsial antara faktor-faktor produksi terhadap produksi padi sawah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan menunjukkan bahwa secara bersama-sama faktor produksi utama satu dan faktor produksi utama dua yaitu: luas lahan, bibit, penggunaan tenaga kerja, umur, dan pendidikan sedangkan, faktor produksi pendukung satu, dan faktor produksi pendukung dua yaitu: yaitu penggunaan pupuk, obat-obatan, dan sistem pengelolaan yang berpengaruh terhadap produksi padi sawah adalah sangat nyata. Faktor produksi utama satu yakni luas lahan, bibit, penggunaan tenaga kerja, umur, dan pendidikan sedangkan, faktor produksi pendukung satu yaitu penggunaan pupuk, obat-obatan, dan sistem pengelolaan yang berpengaruh nyata terhadap produksi padi sawah. Sedangkan, yang lainnya tidak berpengaruh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS Kab. TTU 2008. Timor Tengah Utara dalam Angka 2008. Kefamenanu: Badan Pusat Statistik Kabupaten TTU.

Desky, S. 2008. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Padi Di Kabupaten Aceh Tenggara. [Tesis] Medan: Universitas Sumatera Utara.

Ghozali, I. 2004. Model Persamaan Struktural: Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos Ver. 5.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Mosher, A.T. 1968. Menggerakkan Dan Membangun Pertanian: Sjarat Mutlak Pembangunan Dan Modernisasi. Jakarta: C.V. Yasaguna.

Mubyarto 1989. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial.

Siagian, D. & Sugiarto 2006. Metode Statistika untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, S. & Ananda, F. 2009. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produksi Padi Studi Kasus di Kecamatan Nogosari, Boyolali, Jawa Tengah. Jurnal WACANA, 12(1): 179–191.

Tenaya, I.M.N. 2006. Bahan Kuliah Statistika Manajerial Program Studi Magister Manajemen Agribisnis.

Triyanto, J. 2006. Analisis Produksi Padi di Jawa Tengah. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.
Published
2018-10-31
How to Cite
Fallo, Y., Tenaya, I. M., & Agung, I. D. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Padi Sawah di Kecamatan Biboki Moenleu Kabupaten Timor Tengah Utara Provinsi Nusa Tenggara Timur. AGRIMOR, 3(4), 64-66. https://doi.org/https://doi.org/10.32938/ag.v3i4.483
Section
Original research article