Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Beras di Desa Babotin Maemina Kecamatan Botin Leobele Kabupaten Malaka

  • Andreas Asa Fakultas Pertanian, Universitas Timor
Keywords: Rice, Babotin Village, Consumption

Abstract

Desa Babotin Maemina merupakan salah satu desa yang mengalami peralihan pola konsumsi dari pangan non beras ke pangan beras di Kabupaten Malaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola konsumsi beras dan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi beras di Desa Babotin Maemina Kecamatan Botin Leobele Kabupaten Malaka. Penelitian dilakukan di Desa Babotin Maemina Kecamatan Botin Leobele Kabupaten Malaka yang dimulai dari bulan Juni sampai dengan September 2017 dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat di Desa Babotin Maemina yang berjumlah 228 KK. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode sensus yaitu seluruh populasi diambil sebagai sampel. Untuk mendapatkan gambaran pola konsumsi beras dilakukan analisis deskriptif kualitatif, sedangkan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi beras digunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahun 2012 masyarakat Desa Babotin Maemina mulai beralih dari pola konsumsi pangan non beras ke beras. Rata-rata konsumsi beras dari 228 KK di Desa Babotin Maemina adalah 24,43 kg/kapita/bulan dengan rata-rata harga beras di tingkat konsumen Rp9.951,00. Harga beras dan jumlah tanggungan keluarga secara nyata berpengaruh terhadap konsumsi beras sedangkan pendapatan konsumen, tingkat pendidikan dan selera tidak berpengaruh terhadap konsumsi beras. Jika harga beras meningkat satu rupiah maka permintaan akan beras akan menurun sebesar 0,512 kg dan setiap penambahan satu orang sebagai tanggungan keluarga maka konsumsi beras akan meningkat 0,749 kg.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, S. 2005. Gambaran Konsumsi Makanan Dan Status Gizi Balita 0-24 bulan di Kelurahan Tanjung Leidong Kecamatan Kualuh Leidong Kabupaten Labuhan Batu Propinsi Sumatera Utara Tahun 2005. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Bangun, H.P.P., Hutajulu, S. & Tiurland, A. 2013. Analisis Pola Konsumsi Pangan dan Tingkat Konsumsi Beras di Desa Sentra Produksi Padi (Studi Kasus: Desa Dua Ramunia, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang). Journal of Agriculture and Agribusiness Socioeconomics, 2(7): 1–7.

BPS Kab. Malaka 2016. Kabupaten Malaka dalam Angka 2016. Betun: Badan Pusat Statistik Kabupaten Malaka.

BPS Provinsi NTT 2016. Nusa Tenggara Timur dalam Angka 2016. Kupang: Badan Pusat Statistik Provinsi NTT.

Gujarati, D.N. & Porter, D.C. 2009. Basic Econometrics. McGraw-Hill Irwin.

Hasyim, H. 2007. Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Ketersediaan Beras di Sumatera Utara. Tesis. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Hermawan, B.A. 2014. Analisis pengaruh faktor harga, selera, prestise, dan kualitas terhadap perilaku konsumen dalam membeli sebuah produk: studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi pengguna produk helm INK di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. [Skripsi] Yogyakarta: Sanata Dharma University.

Mosher, A.T. 1968. Menggerakkan Dan Membangun Pertanian: Sjarat Mutlak Pembangunan Dan Modernisasi. Jakarta: C.V. Yasaguna.

Muttaqin, A.Z. 2008. Analisis Konsumsi Beras Rumah Tangga dan Kecukupan Beras Nasional Tahun 2002-2007. Tesis. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Santoso, S. 2008. Panduan Lengkap Menguasai Spss 16. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Shavana, B.D., Darus, H. & Lubis, S.N. 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran Minyak Goreng Curah di Kota Medan. Journal of Agriculture and Agribusiness Socioeconomics, 3(3): 1–15.

Soekartawi 1986. Ilmu Usahatani dan Penelitian untuk Pengembangan Petani Kecil. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunani, N. 2009. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi dan konsumsi beras di Kabupaten Siak, Riau. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Published
2018-10-31
How to Cite
Asa, A. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Beras di Desa Babotin Maemina Kecamatan Botin Leobele Kabupaten Malaka. AGRIMOR, 3(4), 55-57. https://doi.org/https://doi.org/10.32938/ag.v3i4.324
Section
Original research article