Pengaruh Fakor Sosial Ekonomi Petani terhadap Produksi Usahatani Jagung di Desa Lanaus Kecamatan Insana Tengah

  • Patrigius Maumabe Fakultas Pertanian, Universitas Timor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) gambaran umum usahatani jagung; dan 2) faktor-faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi produksi usahatani jagung di Desa Lanaus Kecamatan Insana Tengah Kabupaten TTU. Penelitian dilaksanakan di Desa Lanaus Kecamatan Insana Tengah Kabupaten TTU pada bulan Oktober sampai bulan November 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dimana data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Populasi adalah semua petani responden yang berusahatani jagung di Desa Lanaus dengan jumlah 207 KK. Responden yang diambil 30 responden dengan pertimbangan responden yang berusahatani jagung lebih dari 10 tahun. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan regresi linear berganda Kelayakan model akan diuji menggunakan uji F, koefisien determinasi (R2), dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan usahatani jagung di lokasi penelitian dilakukan melalui tahapan 1) persiapan lahan dan pengolahan lahan; 2) pemilihan benih; 3) penanaman; 4) penyiangan; 5) panen dan pasca panen. 73,8% produksi usahatani jagung di Desa Lanaus dijelaskan oleh luas lahan, pendidikan, pengalaman, jumlah tanggungan keluarga, umur, benih dan curahan tenaga kerja, sedangkan 26,2% produksi usahatani jagung dipengaruhi faktor lainnya, walaupun demikian secara simultan variabel-variabel tersebut tidak berpengaruh nyata terhadap produksi usahatani jagung di Desa Lanaus. Demikian juga secara parsial variabel luas lahan, pendidikan, pengalaman, jumlah tanggungan keluarga, umur, benih dan curahan tenaga kerja tidak berpengaruh nyata terhadap produksi usahatani jagung di Desa Lanaus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS Kab. TTU 2017. Kecamatan Insana Tengah dalam Angka 2017. Kefamenanu: Badan Pusat Statistik Kabupaten TTU.

Bugin, H.M.B. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Gujarati, D.N. & Porter, D.C. 2009. Basic Econometrics. McGraw-Hill Irwin.

Kune, S.J., Muhaimin, A.W. & Setiawan, B. 2016. Analisis Efisiensi Teknis dan Alokatif Usahatani Jagung (Studi Kasus di Desa Bitefa Kecamatan Miomafo Timur Kabupaten Timor Tengah Utara). AGRIMOR, 1(01): 3–6.

Santoso, S. 2008. Panduan Lengkap Menguasai Spss 16. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Santoso, S. 2013. Menguasai SPSS 21 di Era Informasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Zulfitriani, E. & Bangun, P. 2016. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Jagung di Kecamatan Stm Hulu Kabupaten Deli Serdang. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Published
2018-10-31
How to Cite
Maumabe, P. (2018). Pengaruh Fakor Sosial Ekonomi Petani terhadap Produksi Usahatani Jagung di Desa Lanaus Kecamatan Insana Tengah. AGRIMOR, 3(4), 52-54. https://doi.org/https://doi.org/10.32938/ag.v3i4.302
Section
Original research article