Strategi Pengembangan Usaha Biskuit Jagung di Kelompok Wanita Tani Lestari Desa Subun Tua’lele, Kecamatan Insana Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara

  • Delfiana Kolo Faculty of Agriculture, Timor University, Kefamenanu, Indonesia.
  • Adeline Norawati Hutapea Faculty of Agriculture, Timor University, Kefamenanu, Indonesia.
Keywords: Strategi Pengembangan Usaha, Biskuit Jagung, Wanita Tani Lestari, Subun Tua’lele

Abstract

Penelitian ini  bertujuan  untuk mengetahui gambaran  umum  usaha biskuit jagung di Kelompok Wanita Tani Lestari Desa Subun Tualele Kecamatan Insana Barat, dan untuk mengetahui strategi pengembangannya. Metode analisis data yang digunakan  adalah 1) Analisis Deskriptif Kualitatif untuk mengetahui gambaran umum strategi pengembangan usaha biskuit jagung; 2) Analisis SWOT untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan,  kelemahan, peluang dan ancaman dalam pengembangan usaha biskuit jagung. Berdasarkan hasil penelitian dalam pembahasan dapat disimpulkan bahwa kelompok wanita tani lestari merupakan salah satu kelompok tani yang berada di desa subun  tualele, kecamatan insana barat, yang di bentuk pada Tahun 2000, dan  melakukan usaha biskuit jagung pada Tahun 2012,  yang semua anggotanya  terdiri dari para wanita dalam  melakukan  kegiatan  usaha  melalui pengolahan jagung menjadi biskuit jagung. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis SWOT  di peroleh titik koordinat (0,86, 1,02) yang mana koordinat ini berada pada kuadran 1 (agresif), artinya usaha biskuit jagung  pada kelompok Wanita Tani Lestari memiliki kekuatan dan peluang yang sangat baik, sehingga Kelompok Wanita Tani Lestari dapat memanfaatkan peluang dan kekuatan yang ada untuk mengembangkan usaha biskuit jagung selanjutnya. Mariks SWOT menghasilkan 4 alternatif strategi yaitu WT1,WT2,WT3,WT4.dan analisis QSPM di gunakan untuk mengevaluasi dan memilih strategi–strategi terbaik yang paling utama  di lakukan Kelompok Wanita Tani Lestari dalam mengembangkan usaha biskuit jagung yaitu strategi 1 (WT3). II (WT1), III (WT4), IV (WT2). 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nazir, M. 1988. Metode Penelitian, Ghalia Indonesia: Jakarta.

Ommani, Ahmad Reza. 2011. Strategies of Rural Development in Shoushtar Township of Iran (Applying SWOT method). Journal of American Science, 2011;7(1).

Rangkuti, F. 2001. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. Diakses 11 November 2015.

Rukmana, R. 2009. Usaha Tani Jagung. Kanisius, Jakarta.
Published
2016-07-27
How to Cite
Kolo, D., & Hutapea, A. (2016). Strategi Pengembangan Usaha Biskuit Jagung di Kelompok Wanita Tani Lestari Desa Subun Tua’lele, Kecamatan Insana Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara. AGRIMOR, 1(03), 42-45. https://doi.org/https://doi.org/10.32938/ag.v1i03.107
Section
Original research article