Pengaruh Variasi Warna Ransum terhadap Konversi Ransum dan Pertambahan Bobot Badan Harian Broiler

  • Maria Fatima Kolo Fakultas Pertanian, Universitas Timor
  • Oktovianus Rafael Nahak Faculty of Agriculture, Timor University.
  • Gerson F. Bira Faculty of Agriculture, Timor University.
Keywords: Warna Ransum, Broiler, Konversi Ransum

Abstract

Tujuan dari penelitian ini mengetahui pengaruh pemberian ransum dengan warna berbeda terhadap nilai konversi ransum dan pertambahan bobot badan harian (PBBH) broiler. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari – Februari 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode percobaan (eksperimen) dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) sebagai rancangan lingkungannya. Dalam penelitian ini menggunakan 4 perlakuan, dimana setiap perlakuan terdiri dari 4 ulangan. Setiap ulangan berisi 5 ekor broiler, sehingga total broiler yang digunakan adalah sebanyak 80 ekor. Adapun perlakuan yang akan diuji terdiri dari : (1) R0: Ransum berwarna coklat (2) R1: Ransum berwarna hijau (3) R2: Ransum berwarna merah (4) R3: Ransum berwarna kuning. Variabel pengamatan yang diamati yaitu pertambahan bobot badan dan konversi ransum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ransum warna coklat dapat meningkatkan berat badan sebesar (384,00) dan konversi pakan terbaik dengan nilai terendah (0,17) dibandingkan dengan perlakuan ransum berwarna hijau, merah dan kuning. Adanya variasi warna ransum yang ditambahkan dalam pakan tidak untuk menambah nilai nutrisi namun diharapkan dapat memberikan efek baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap sifat khas dari pakan yang diberikan. Pemberian variasi warna (coklat, hijau, merah dan kuning) tidak memberikan pengaruh nyata terhadap pertambahan bobot badan broiler dan nilai konversi ransum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrullah I. K. 2004. Manajemen Ternak Ayam Broiler. Bogor: IPB Press.

Anggorodi. 2005. Ilmu Makanan Ternak Umum. Jakarta: PT. Gramedia.

Anggorodi. 1994. Ilmu Makanan Ternak Umum. Jakarta: PT. Gramedia.

Djulardi, A., H. Muis & S. A. Latif. 2006. Nutrisi Aneka Ternak dan Satwa Harapan. Padang: Andalas University Press.

Idayat A. U. Atmomarsono, W. Sarengat. 2012. Pengaruh Berbagai Frekuensi Pemberian Pakan Pada Pembatasan Pakan Terhadap Performans Ayam Broiler. Animal Agriculture Journal. 1(1): 379-388.

Murtidjo B. A. 1987. Pedoman Meramu Pakan Unggas. Cetakan 1. Yogyakarta: Kanisius.

Rasyaf M 1994. Makanan Ayam Broiler. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Retnani Y. E. Suprapti. I, Firmansyah, L. Herawati da R. Mutia. 2009. Pengaruh Penambahan Zat Pewarna Dalam Ransum Ayam Broiler Terhadap Penampilan, Persentase Berat Bursa Fabrisius, Karkas dan Organ Dalam. J. Indon. Trop. Anim. Agric. 34(2).

Scott M. L. M. C. Nesheim & R. J. Young, 1982. Nutrition of The Chicken. 3rd Ed. M. L. Scott & Association, NewYork: Ithaca.

Stell and Torrie 1989. Prinsip dan Prosedur Statistika: Suatu Pendekatan Biometrik. Jakarta: P. T. Gramedia.

Sudaro, Y & A. Siriwa. 2007. Ransum Ayam dan Itik. Cetakan IX. Jakarta: Penebar Swadaya.

Syah 2005. Manfaat dan bahaya bahan tambahan pagan. Himpunan Alumni Fakultas Teknologi Pertanian : IPB.

Tillman A. D. S. Reksohadiprojo, S. Prawirokusumo, dan S. Lebdosekejo. 1991. Ilmu Makanan Ternak Dasar. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Published
2018-10-31
How to Cite
Kolo, M., Nahak, O., & Bira, G. (2018). Pengaruh Variasi Warna Ransum terhadap Konversi Ransum dan Pertambahan Bobot Badan Harian Broiler. JAS, 3(4), 54-55. https://doi.org/https://doi.org/10.32938/ja.v3i4.423