Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Usahatani Selada Air di Desa Popnam Kecamatan Noemuti

  • Yohanes Akoit Fakultas Pertanian, Universitas Timor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) gambaran umum usahatani selada air; dan 2) faktor-faktor yang mempengaruhi usahatani selada air di Desa Popnam Kecamatan Noemuti. Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Penelitian ini dilaksanakan di Desa Popnam Kecamatan Noemuti Kabupaten TTU pada bulan April 2017 sampai bulan Agustus 2017. Penentuan sampel dengan metode simple random sampling dengan cara menggunakan rumus slovin dimana jumlah sampel yang digunakan adalah 51 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode survei. Data yang diambil berupa data primer dan data sekunder. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dan analisis Cobb-Douglass. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usahatani selada air di Desa Popnam dilakukan secara monokultur dengan luas lahan yang berbeda-beda berkisar antara 3-15 are. Tahapan usahatani yang dilakukan di lokasi penelitian antara lain persiapan  lahan, pengolahan lahan, persiapan bibit, penanaman, pemeliharaan, panen dan pasca panen. Faktor  modal, luas lahan, bibit, tenaga kerja, pengalaman usahatani dan pendidikan petani secara bersama-sama (simultan) berpengaruh nyata terhadap produksi selada air. Secara parsial faktor tenaga kerja dan pendidikan berpengaruh nyata terhadap produksi selada air, sedangkan variabel modal, luas lahan, bibit, dan pengalaman usahatani tidak berpengaruh nyata terhadap produksi usahatani selada air. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bugin, H.M.B. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Malta, M. 2011. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Petani Jagung di Lahan Gambut. MIMBAR, Jurnal Sosial dan Pembangunan, 27(1): 67–78.

Muhlisah, F. & Sapta, H. 1997. Sayur dan Bumbu Dapur Berkhasiat Obat. Jakarta: Penebar Swadya.

Pangkalan Ide 2014. Agar Otak Sehat. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Priyadi, S. 2007. Pertumbuhan Dan Produktivitas Selada Air (Nasturtium Officinale) Pada Berbagai Tinggi Genangan Di Desa Kaligiri, Kabupaten Brebes-Jawa Tengah. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Santoso, S. 2008. Panduan Lengkap Menguasai Spss 16. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Soekartawi 1990. Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb-Douglas. Depok: Rajawali Pers.

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2010 tentang Hortikultura.
Published
2018-07-31
How to Cite
Akoit, Y. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Usahatani Selada Air di Desa Popnam Kecamatan Noemuti. AGRIMOR, 3(3), 42-43. https://doi.org/https://doi.org/10.32938/ag.v3i3.282
Section
Original research article