Analisis Produksi dan Pemasaran Usahatani Padi Sawah di Desa Tualene Kecamatan Biboki Utara Kabupaten Timor Tengah Utara

  • Magdalena De Araujo Faculty of Agriculture, Timor University, Kefamenanu, Indonesia.
  • Agustinus Nubatonis Faculty of Agriculture, Timor University, Kefamenanu, Indonesia.
Keywords: Faktor Produksi, Fungsi Pemasaran, Padi Sawah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produksi usahatani padi sawah dan fungsi-fungsi pemasaran beras yang dilakukan oleh usahatani di Desa Tualene Kecamatan Biboki Utara Kabupaten Timor Tengah. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode Random Sampling secara acak sederhana dengan jumlah 15% dari total populasi 219, maka jumlah responden sebanyak 33 orang, metode pengumpulan data dilakukan dengan metode survey, data yang diambil berupa data primer dan sekunder, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis data analisis regresi linier berganda dan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan atau secara bersama-sama faktor luas lahan, bibit, pupuk, curahan tenaga kerja, pengelaman, dan usia berpengaruh sangat nyata terhadap produksi usahatani padi sawah. Sedangkan secara sendiri-sendiri atau parsial faktor yang berpengaruh nyata adalah faktor luas lahan, benih, sedangkan faktor yang tidak berpengaruh nyata terhadap produksi usahatani padi sawah adalah faktor pupuk, tenaga kerja, dan umur. Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan petani adalah fungsi fisik dan fungsi pertukaran, fungsi fisik terdiri dari fungsi pengolahan, penyimpanan serta pengangkutan sedangkan fungsi pertukaran terdiri dari satu fungsi yaitu fungsi penjualan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambanu Kristoforus. 2015. Kajian Dampak Bendungan Soeleak Terhadap Pendapatan Petani Padi Sawah Desa Tualene Kecamatan Biboki Utara Kabupaten Timor Tengah Utara. Diakses 5 Februari 2016.

Benu, O. L. O. 2002. Analisis Efisisnsi faktor produksi padi sawah di Desa Amongena 1 Kecamatan Langowan. Eugelila Volume 8 Nomor 3. Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi. Manado. Diakses 2 April 2016.

Deliarnov, 1994. Teori Ekonomi Mikro, Prinsip Dasar dan Pengembangannya Disadur dari buku aslinya Microeconomic Theory Basic Principles and Extention. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soekartawi, 1993. Manajemen Pemasaran Dalam Bisnis Modern. Jakarta: Pustaka Harapan.

Sudjana. 1992. Metode Statistika. Edisi kelima. Bandung: Tarsito.
Published
2016-07-27
How to Cite
De Araujo, M., & Nubatonis, A. (2016). Analisis Produksi dan Pemasaran Usahatani Padi Sawah di Desa Tualene Kecamatan Biboki Utara Kabupaten Timor Tengah Utara. AGRIMOR, 1(03), 55-56. https://doi.org/https://doi.org/10.32938/ag.v1i03.262
Section
Original research article