Implementasi Marketing Mix Pada Pemasaran Abon Ikan di Kelurahan Humusu C, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara

(Studi Kasus Pada Kelompok Pengolahan Abon Ikan “Pantura”)

  • Petrus Yanssen Moensaku Faculty of Agriculture, Timor University, Kefamenanu, Indonesia.
  • Simon Juan Kune Faculty of Agriculture, Timor University, Kefamenanu, Indonesia.
Keywords: Abon Ikan, Implementasi, Marketing Mix, Pemasaran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum pemasaran abon ikan dan implementasi marketing mix pada pemasaran abon ikan. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode secara sensus dan sampel sebanyak 5 orang, metode pengumpulan data dilakukan dengan metode survey, sedangkan metode analisis data yang digunakan metode ananlisis data deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa gambaran pemasaran abon ikan dispesifikan kedalam mananjemen pemasaran abon ikan yang dimulai dari perencanaan dengan mengamati suutuasi didasari permintaan dari konsumen, pelaksanaan yang dilakukan oleh anggota kelompok yang langsung menuju pada lokasi konsumen, pengendalian dlakukan untuk mengetahui bila terjadi penyimpangan dan penyebabnya, serta evaluasi mengenai pelaksanaan pemasaran abon ikan, sedangkan implementasi marketing mix, produk diimplementasi berdasarkan pelatihan dan instruksi dari Standar Industri Indonesia, harga diimplementasi dengan menerapkan metode penetapan harga berdasarkan pendekatan biaya dan harga yang ditetapkan Rp. 20.000,- dan $2,5 Centavos, sedangkan tempat diimplementasi pada 2 lokasi yaitu Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Timor Tengah Utara dan perbatasan RI-RDTL, promosi diimplementasikan berdasarkan pada frekuensi produksi yang dilakukan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dahuri. Rokhim, 2002. Paradigma Baru Pembangunan Indonesia Berbasis Kelautan. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten TTU. 2015. Potensi Tangkapan Ikan. Kefamenanu.

Gitosudarmo, Indriyo. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE UGM.

Karyono dan Wachid. 1982. Petunjuk Praktek Penanganan dan Pengolahan Ikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Mustar. 2013. Studi Pembuatan Abon Ikan Gabus (Ophiocephalus Striatus) Sebagai Makanan Suplemen (Food Suplement) SKRIPSI. Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan. Jurusan Teknologi Pertanian. Fakultas Pertanian. Universitas Hasanudin. Makasar.

Suryani. 2007. Pengertian Abon Ikan. Yogyakarta: Aditya Media Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. TTU. 2014. Potensi Tangkapan Ikan. Wini-TTU.
Published
2016-10-31
How to Cite
Moensaku, P., & Kune, S. (2016). Implementasi Marketing Mix Pada Pemasaran Abon Ikan di Kelurahan Humusu C, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara. AGRIMOR, 1(04), 78-81. https://doi.org/https://doi.org/10.32938/ag.v1i04.111
Section
Original research article